Pulau Air Raja

Saat diri merasa penat, kegiatan yang paling menyenangkan ialah refreshing atau jalan-jalan untuk menghilangkan pikiran yang suntuk. Biasanya tempat yang asyik untuk berjalan-jalan ialah tempat yang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan serta eksotis. Contohnya tempat seperti pulau-pulau di Kepulauan Riau.

Kepulauan Riau memang terkenal dengan banyaknya gugusan pulau-pulau baik besar atau pun kecil. Salah satunya adalah Batam, di Batam banyak sekali gugusan pulau kurang lebih sekitar tiga ratusan pulau. Tiga ratus itu sudah termasuk yang berpenghuni ataupun yang tidak berpenghuni.

Pulau-pulau yang ada di sekitar Batam, banyak sekali yang menyimpan keindahan alam yang eksotis, bahkan Batam merupakan tempat yang banyak sekali dikunjungi para wisatawan baik itu domestik ataupun luar negeri. Disebabkan pantai-pantai yang ada di sana sangat mengagumkan untuk dikunjungi bahkan wisata sejarahnya juga yang banyak membuat para wisatawan ingin tahu.

Salah satu pulau yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Batam yakni Pulau Air Raja. Pulau ini memang sangat jarang sekali diketahui banyak orang, bahkan mungkin terdengar asing oleh sebagian orang baik itu masyarakat Batam sendiri. Bahkan Pulau Air Raja, namanya tidak tercantum dalam peta. Meskipun begitu, Pulau ini memiliki keunikan serta keeksotisan tempat untuk dilihat.

Pulau Air Raja ini terletak di Kecamatan Galang , Batam, Kepulauan Riau. Pulau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 5 kilometer persegi. Pulau Air Raja juga memiliki keindahan alam yang masih sangat alami dan asri, bahkan pantai di sana juga tak kalau memukau dengan pantai di pulau-pulau lainnya.

Pulau ini juga sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata bahari ataupun wisata rekreasi, hanya saja masih belum ada para investor yang mau menanamkan modal di pulau ini. Dikarenakan pulau ini masih belum banyak terekspos ke dunia luar, bahkan masyarakat sekitar Batam sendiri juga masih banyak yang belum tahu tentang Pulau air Raja ini.

Selain itu Pulau Air Raja juga memiliki tempat wisata sejarah yakni Perigi Air Raja. Biasanya para pengunjung akan datang ke sini untuk mengetahui sejarah atau asal-usul perigi air Raja ini yang bisa dibilang menjadi asal usul nama dari Pulau Air Raja ini.

Untuk menuju ke Pulau Air Raja, kita bisa menyewa pompong nelayan sekitar Batam. Satu-satunya akses untuk menuju ke sana hanyalah dengan jalur laut. Jika kita menuju ke sana dari Tanjung Uban, maka perjalanan yang ditempuh bisa sekitar satu jam perjalanan. Namun, jika kita menuju ke sana dari Batam maka kita akan memulai perjalanan dari Telaga Punggur atau Pelabuhan Punggur.

Sebelum ke Telaga Punggur kita terlebih dahulu melewati pelabuhan feri ramai yang biasanya melayani penumpang ke Tanjung Pinang. Saat di Pelabuhan Punggur memang tak selalu ada pompong yang siap untuk mengantar ke sana, dan jika ada biaya sewa pompong juga tergantung dari keadaan cuaca saat itu.

Setelah satu jam perjalanan menuju dari Punggur menuju Pulau Air Raja, maka kita akan mendarat di sebuah dermaga kayu. Baru sampai di dermaga pun, kita sudah banyak disuguhi pemandangan yang luar biasa eksotis. Kita akan melihat adanya rumah-rumah panggung yang berjejer cantik di sekitar dermaga. Bahkan juga terdapat pohon-pohon nyiur yang menghiasi daerah pantai sekitar dermaga. Air lautnya pun terlihat jernih berwarna biru kehijauan.

Dermaga Pulau Air Raja, sumber adventurose.com

Sumber : adventurose.com

Tempatnya juga sangat alami dan juga masih sangat asri. Tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, bahkan penduduknya yang sebagian besar adalah penduduk melayu juga sangat ramah dan menyenangkan. Setelah di sana kita akan singgah terlebih dahulu di salah satu tempat atau rumah penduduk sekitar untuk makan dan istirahat sejenak. Setelahnya kita akan menuju ke tempat wisatanya yakni Perigi Air Raja.

Kisah Perigi Air Raja, Sumber pksnongsa.org
Kisah Perigi Air Raja, Sumber pksnongsa.org

Sumber : pksnongsa.org

Perigi Air Raja merupakan peninggalan sejarah yang diketahui menjadi latar belakang dari nama Pulau Air Raja ini. Untuk menuju ke sana tidaklah jauh dari dermaga kayu hanya sekitar kurang lebih tiga puluh meter melewati jalan setapak yang sedikit mendaki. Saat di perjalanan kita sudah banyak disuguhi pemandangan alam sekitar yang menyejukkan mata, bahkan perjalanan pun tidak terasa lama.

Sebelum masuk ke Perigi Air Raja, di pintu masuk menuju perigi terdapat gapura tembok berwarna kuning dan terdapat tulisan tentang asal usul terjadinya Perigi Air Raja ini. Setelah masih di sana ada dua buah perigi, yang konon katanya dua perigi itu dibuat oleh seorang Raja bernama Munsang Arafah dari kerajaan Bintan untuk dua cucu kembarnya. Bahkan nama dua perigi tersebut diambil pula dari nama dua cucu kembar itu yakni Putri Srikandi dan Putri Cahaya Nilam.

Kisah Perigi Pulau Air Raja, Sumber tribunews.com
Kisah Perigi Pulau Air Raja, Sumber  tribunews.com

Sumber : tribunews.com

Pada dua perigi itu dipisah oleh dua bangunan yang terlihat seperti sebuah pelaminan dengan hiasan yang khas melayu. Terdapat kain berwarna kuning yang warnanya pun sudah mulai memudar yang menutupi kedua perigi tersebut. Bahkan kain kuning itu bisa dibilang sudah mulai tampak kotor. Mungkin dikarenakan kurangnya penjagaan dan pelestarian dalam mengelola wisata sejarah perigi ini. Meski begitu tempat wisata yang mengandung sejarah ini cukup unik untuk dikunjungi. Diharapkan pula tempat ini bisa dilestarikan dan dikelola dengan baik sehingga akan lebih banyak pengunjung yang bisa datang kemari.

Pulau Subang Mas Air Raja, sumber maxinews.wordpress.com
Pulau Subang Mas Air Raja, sumber maxinews.wordpress.com

Sumber : maxinews.wordpress.com

Selain Perigi di sebelah selatan Pulau ini juga terdapat Pulau Subang Mas. Pulau ini memiliki pantai yang sangat indah nan eksotik, bahkan banyak sekali pohon-pohon kelapa yang menghiasi pantainya dan juga batu granit berwarna merah yang menambah keindahan pantai di pulau ini.

Pulau ini terdpat di Galang, Batam tak jauh dari Pulau Air Raja. Air lautnya sangat bersih serta pasir putihnya yang lembut. Sehingga berwisata kemari juga sangat, menyenangkan saat sedang suntuk. Di Pantai ini kita bisa melakukan banyak aktivitas misalnya seperti berenang, bermain bola, bermain pasir dan aktivitas menyenangkan lainnya.

Setelah berkunjung ke Subang Mas maka kita bisa kembali ke Pulau Air Raja untuk kembali pulang. Jangan lupa untuk mendokumentasikan perjalananmu saat berkunjung ke sana. Perkenalkan keindahan Pulau Air Raja ini agar banyak orang yang akan berkunjung dan mulai di lirik para investor sehingga Pulau Air Raja akan menjadi tempat wisata yang populer di Batam.

Sebab sayang sekali jika keindahan alam, pantai dan wisata sejarah pulau ini terabaikan. Sebab di pulau ini tempatnya tak kalah indah dari pulau-pulau lain. Bahkan bisa dibilang pulau ini masih belum banyak terjamah para wisatawan. Tak ayal jika pulau ini masih sangat alami dengan pepohonannya yang rimbun dan menyejukkan.

Bagi kamu yang ingin sekali tempat baru untuk berekreasi, maka Pulau Air Raja bisa menjadi tempat yang cocok untuk petualanganmu. Untuk mendapatkan pengalaman baru dan menyenangkan.